Kamis, 28 Mei 2015

FORMULA EMAS TEKNIK MEREKRUT KARYAWAN UNGGULAN

Ternyata, salah satu kunci sukses membangun sistim bisnis AUTO PILOT adalah pemilihan karyawan unggulan. Percuma Anda memiliki seperangkat sistim bisnis yang sangat bagus, bahkan mendekati sempurna, tapi di running oleh karyawan yang standar nya pas-pasan. Tidak akan bagus juga hasilnya. Betapa penting proses pemilihan karyawan yang berkualitas. Namun, tidak mudah loh mencari karyawan yang secara BIBIT - BEBET - BOBOT nya unggul. Semua perlu kerja keras, cerdas dan kreatif.

Saya ada satu tips yang bisa Anda coba. Tips ini bekerja berdasarkan asas keseimbangan. Maksudnya, apa yang Anda dapat adalah sama dengan apa yang akan Anda investasikan. Tak ada rahasia disini, yang ada mungkin hanya kejernihan berpikir yang membuat Anda makin tahu bedanya, mana strategi rekrutman yang efektif dan mana yang kurang.

Tahap pertama yang harus Anda perhatikan saat pemilihan karyawan baru adalah BIBIT. Maksudnya, bukan hanya kecerdasan intelektual saja, tapi yang terpenting kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual WAJIB Anda hitung dengan teliti dan benar. Bibit termasuk sisi tersembunyi yang akan terlihat sepanjang karir karyawan baru ini di bisnis Anda. Jadi, hati-hati dengan pemilihan bibit, karena akan berpengaruh pada pohon dan buah yang Anda petik kelak.

Lalu BEBET. ini artinya TINGKAH LAKU YANG TERLIHAT. Anda akan tahu seperti apa perilaku calon karyawan Anda ini. Ada satu cara yang sangat efektif untuk mengukur seberapa tangguh, kreatif dan sabar calon Anda ini. Yaitu GUNAKAN PUZZLE. Bisa puzzle besi atau puzzle rubik warna. Ini memang unik tapi efektif. Ajak dia berpikir untuk memecahkan rubrik atau puzzle yang Anda miliki. Lihat bagaimana responnya setelah 30 menit berlangsung. Jika dia orangnya sabar, terus mencoba dan terlihat asyik memecahkan puzzle Anda, itu bisa dipastikan berarti dia tipikal karyawan yang sabar, tahan banting dan suka tantangan. Ini satu poin.

Selanjutnya BOBOT. Ini soal pengalaman dan kompetensi yang terlihat jelas. Uji dengan beberapa pekerjaan dasar mereka dan lihat seberapa baik dan cepat ia mengerjakan tugas yang Anda minta. Ini sih standar. Tapi penting dan wajib Anda lakukan bagi semua calon karyawan Anda. Dengan mengukur tingkat BOBOT calon karyawan Anda ini maka Anda akan semakin yakin bahwa pilihan Anda sudah tepat. Sekali lagi, ini hanya penilaian tahap dasar. Belum mencapai tingkat filter yang paling halus. Apa itu ?

Filter yangf paling halus adalah semangat untuk membantu sesama, termasuk membantu bisnis Anda sepanjang jalannya. Ini sangat penting dan FINAL. Karena percuma Anda rekrut orang yang pintar tapi kurang moral. Ingat kata pepatah, MORAL TANPA SPIRITUAL = KRIMINAL.

Apa artinya ? Artinya, jika Anda hanya terpaku pada bentuk kepandaian calon karyawan maka Anda akan kehilangan sentuhan yang paling hakiki, yaitu sisi spiritual mereka. Ini soal BEKERJA ADALAH IBADAH. Sangat sulit mencari karyawan yang pintar, tapi lebih sulit mencari yang pintar dan bermoral serta berspiritual bagus. Ada, tapi Anda harus pandai mencarinya dimana mereka berada. Ingat, BIBIT - BEBET - BOBOT, kunci mendapatkan karyawan unggul.