Jumat, 15 Mei 2015

MAJALAH INTERNAL SENJATA MARKETING PENGIKAT HATI CUSTOMER

Seberapa penting customer bagi bisnis Anda ? Jika dihitung dari skor 10 - 100, Anda mau nilai di angka berapa ? Mengapa saya agak memaksa untuk mengetahui skor prioritas pentingnya customer bagi bisnis ? Jawabnya simple. Tanpa customer, bisnis Anda hanya menunggu hitungan hari untuk hidup. Customer adalah sumber penghasilan bagi bisnis Anda. Tanpa customer yang loyal, bisnis Anda hanya sebatas, maaf " selevel kaki lima". Fokusnya hanya untung dan menghindari buntung.

Jika Anda bertanya, bagaimana cara untuk tetap "terhubung" dengan customer Anda ? Jawaban yang paling mudah dan tepat adalah dengan membuat media internal.Mengapa media internal ? Karena dengan membuat media internal bagi bisnis Anda, maka akan muncul :

1. Kredibilitas perusahaan Anda dimata customer dan market potensial Anda ( calon customer / prospek )

2. Wadah dan komunikasi yang efektif untuk semua custromer Anda. Mereka bisa melihat perkembangan bisnis Anda

3. Tempat menampung testimonial / kesaksian positif para klien unggulan Anda hingga terlihat dimata calon prospek Anda

4. Sebagai milestone perjalanan bisnis Anda dari waktu ke waktu. Menjadi pembelajaran bagi karyawan, customer dan Anda sendiri

5. Tambahan pemasaukan. Siapa bilang media internal tak bisa mencari uang ? Iklan adalah sumber uang yang sangat mungkin

Dan banyak lagi.

Jika Anda ingin menjadi besar, baik secara bisnis maupun secara branding, jangan terkecoh dengan nomimal investasi. Sayang buang uang kecil untuk kehilangan peluang mendapat uang besar, bukan cara berpikir seorang entrepreneur. Sebagai pengusaha, Anda dituntut untuk berjiwa berani ambil resiko, untuk resiko yang bisa Anda perhitungkan.

Majalah internal menjadi strategis, terutama untuk pengembangan bisnis, karena media ini bisa menjadi urat nadi antara bisnis Anda dan customer Anda. Jika putus, maka alamat bisnis Anda juga akan kehabisan darah. Karena itu, mulailah membangun hubungan yang harmonis dengan customer Anda. Tak perduli di industri apa bisnis Anda bergerak. Komunikasi adalah sangat penting.

Dengan adanya majalah internal, Anda bukan saja membangun pondasi yang kokoh namun juga membentuk tingkatan bisnis yang lebih tinggi dari waktu ke waktu. Jangan sampai kompetitor Anda mendahului inisiatif bisnis Anda. Lakukan sekarang juga, sebelum terlambat !