Sabtu, 16 Mei 2015

SAYA TAK BISA BELI FERRARI, TAPI BISNIS SAYA BISA !

Suatu hari, saya sempat berbincang dengan salah seorang pengusaha kaya. Kebetulan, saya waktu itu masih jadi jurnalistik di sebuah media ekonomi Jakarta. Saya heran, saat melihat cara pengusaha itu menghadiahkan istrinya. Bukan tanggung-tanggung, hadiahnya adalah MOBIL FERRARI TERBARU !

Pengusaha itu sangat bersahaja. Bahkan terbilang sederhana. Tak terlihat bahwa dirinya pengusaha kaya raya. Tapi tampilannya sangat kontras dengan kenyataannya. Apapun itu, saya tak perduli lagi dengan penampilan, yang jelas dia ORANG SUKSES DAN KAYA. Ada satu jawaban yang membuat saya kagum dan sekaligus membuka mind set berpikir saya. Begini dialognya.

"Pak, saya heran, kenapa Bapak bisa membelikan hadiah semahal itu kepada istri, sebuah mobil Ferrari model terbaru seharga miliaran rupiah, padahal penampilan Bapak sangat sederhana dan tak menunjukkan Bapak seperti orang kaya kebanyakan " kata saya memancing reaksi.

"Saya tak mungkin bisa membelikan istri saya mobil semahal itu, TAPI BISNIS SAYA BISA " katanya datar

Saya langsung terkejut. Belengong barang sejenak. Mencerna apa yang barusan orang tua itu ucapkan. Ternyata, setelah saya gali dan gali terus, salah satu kunci sukses pengusaha kaya itu adalah kepandaian membangun sistim bisnis. Ia mengaku, sejak muda sudah membangun saluran uang dengan sisti AUTO INCOME. Detailnya tak bisa saya ceritakan, karena agak panjang, tapi intinya dia tak pernah bekerja keras tapi bekerja cerdas.

Saya baru sadar, bahwa salah satu kunci kesuksesan pengusaha sukses itu adalah HARUS BISA MEMISAHKAN MANA KEUANGAN PRIBADI DAN MANA KEUANGAN PERUSAHAAN ( BISNIS ). Dan itulah makna dari jawaban yang mengejutkan itu. Ketika saya melihat sosok pengusaha kaya itu, saya langsung tak percaya dia bisa beli Ferrari, tapi akan menjadi berneda ketika saya melihat bisnisnya. Ternyata, hasil kerja keras sistim bisnis auto pilotnya, dia bisa memberlikan Ferrari sang istri, bahkan tanpa kerja keras.