Senin, 08 Juni 2015

PEMILIK BISNIS ITU SEPERTI PILOT, WAJIB MULTI TASKING

Bisnis Anda seperti pesawat Anda. Selama bisnis masih berdenyut (hidup), artinya posisi bisnis Anda masih dalam bahaya jatuh. Layaknya pesawat terbang, hanya ada dua keumungkinan, tetap diatas daratan atau menuju ke daratan. Di bisnis, kita sebagai pemilik bisnis harus jeli dan terus fokus terhadap ketinggian pesawat kita. Jika terlalu rendah berbahaya menabrak gunung, jika terlalu tinggi juga berbahaya terhadap penumpang. Kenapa ?

Karena pesawat yang terlalu tinggi namun mesinnnya belum support terhadap ketinggian, akan rawan jatuh. Demikian pada bisnis Anda. membangun bisnis tanpa melihat rasio kelengkapan tim Anda , akan berakhir dengan kehancuran. Contohnya, seharusnya di bisnis Anda ada fungsi HRD, namun tak ada, atau merangkap jabatan dari financial menjad HRD. Ketika beberapa karyawan Anda resign, Anda kehilangan tim yang strategis. Akhirnya bisnis Anda melemah.

Pemilik bisnis itu pilot, yang harus memastikan setiap bagian demi bagian berjalan dengan lancar. Jika ada bagian yang kurang berfungsi, cepat-cepat diperbaiki. Karena jika semakin parah, akan menimbulkan akibat fatal. Sistim Bisnis itu seperti mesin, setiap bagian demi bagian saling berhubungan dan bekerjasama untuk beberapa tujuan. Ada tujuan yang bersifat menggerakkan, namanya sistim mesin penggerak, ada tujuan penerangan, namanya sistim kelistrikan dan lain sebagainya.

Pilot wajib memiliki kemampuan teknisi. Ini jika teknisi Anda disepanjang jalan tak bisa ikut ( resign), dan ketika pesawat Anda ada masalah di udara, Anda bisa memperbaiki segera, diatas udara. Inilah kemampuan seorang entrepreneur diuji. Mulai dari skill OB ( Office Boy ) hingga BO (Business Owner ) harus Anda miliki. Makanya di dunia militer ada istilah JENDERAL, maksudnya adalah general ( umum ). Jadi, secara makna, seorang jenderal bisa memiliki kemampuan tingkatpaling rendah ( kopral ) hingga paling tinggi ( JENDERAL ).Jadi, mari perbaiki bagian demi bagian sistim bisnis Anda sekarang juga, sebelum macet di udara dan pesawat akan jatuh dari ketinggian diatas awan.