Senin, 11 Mei 2015

MIND SET BISNIS YANG TEPAT AGAR BISNIS ANDA AUTO PILOT

Bisnis itu seperti mobil. Sekumpulan sistim yang saling bekerjasama menghasilkan gerak. Mobil yang baik bukan saja yang bisa bergerak tapi juga kecepatan dan percepatannya lebih tinggi dari mobil yang lain. Ferrari sangat mahal karena mobil ini memiliki kecepatan yang lebih cepat dari mobil Kijang atau mobil dibawah kelasnya.

Pun bisnis. Bayangkan, bahwa bisnis anda adalah mobil. Jutaan pemilik bisnis berkeluh kesah bahwa bisnisnya sepertinya mengalami perlambatan. Dari waktu ke waktu jalannya sangat lambat dan kadang-kadang diam ditempat. Mungkin kehabisan bensin atau faktor yang lain, misalnya kerusakan mesin. Ini terjadi pada setiap bisnis pemula. Umumnya mereka belum memahami gambaran besarnya konsep bisnis secara benar.

Coba belajar dari teknisi mobil. Mereka memiliki blue print merakit mobil dengan benar. Mulai dari gambaran kasar hingga model mobil yang sudah jalan. Bahkan sudah di tes ( test drive). Mobil yang sudah di uji adalah mobil yang siap dipakai. Bukan saja bisa bergerak ( berjalan ), tapi juga mengantarkan kita ke tujuan dengan lebih cepat.

Ini bukan soal berapa lama Anda merakit mobil, ini soal berapa benar Anda merakit mobil sejak awal dan seberapa baik mobil itu bisa bekerja dengan atau tanpa Anda didalamnya. Karena ada pertanyaan, " Pak, saya sudah bekerja dibisnis saya sendiri selama 10 tahun, tapi kenapa jalannya masih ditempat" Saya melihat Bapak ini sebagai pengusaha juga sebagai karyawan dari bisnisnya sendiri. Dan saya jawab " BAPAK TIDAK BEKERJA DI BISNIS ANDA SELAMA 10 TAHUN, TAPI SATU TAHUN YANG DIULANG SEBANYAK 10 KALI"

Bisnis auto pilot adalah soal kebenaran merakit sistim bisnis sejal awal. Bukan berapa lama menjalankan bisnis. Ini soal quality bukan quantyty. Bisnis yang baik adalah bisnis yang dirakit oleh teknisi bisnis yang berpengalaman. Bisnis yang Anda bangun tanpa ilmu yang benar akan berakhir dengan kegagalan. Anda akan kehabisan modal sebelum bisnis menghasilkan.

Jadi, inilah pentingnya memiliki mind set yang benar sejak awal untuk merakit sistim bisnis. Ingata saja cara kerja mobil, maka Anda akan mendapat begitu banyak inspirasi berharga bagaimana membangun bisnis sukses. Singkat tapi mengena. Salam Entrepreneur