Selasa, 01 Desember 2015

RAHASIA MELIPATGANDAKAN SEMANGAT KERJA PEMILIK BISNIS & KARYAWAN



Semangat kerja itu ibarat bahan bakar. Jika tidak dipenuhi dalam jumlah yang cukup besar, maka stamina bekerja akan mudah loyo. Mengapa begitu banyak orang sukses memiliki daya kerja yang amat sangat besar ? Pagi buta sudah berangkat kerja, siang meeting dari satu tempat ke tempat lain, dilanjut sore melobi partner, sambung lagi malam masih bertemu relasi. Sampai dirumah, masih buka laptop untuk planning esok hari. Dan it uterus dilakukan tanpa lelah.<p>

Apakah mereka tidak letih ? Pasti letih. Apakah mereka tidak bosan ? Mungkin bosan, mungkin juga tidak. Lalu apa yang membuat mereka begitu berdaya untuk bekerja ?

Jawabny adalah stamina. Stamina muncul dari mindset atau pola pikir. Ketika seorang sudah menemukan passion nya, maka orang itu akan dengan mudah mencurahkan segalanya disitu. Mungki  di passion itu sudah ditemukan dream yang selama ini mereka cari.

Lantas, apa kunci sukses melipatbandakan semangat kerja berdurasi 20 jam kerja ? Berikut rumus kesuksesan mereka


1.       Kejelasan Impian
Mengapa kejelasan impian begitu penting ? Karena semakin jelas impian Anda selama bekerja / berbisnis, maka sebanyak itu pula energy yang Anda miliki. Dengan  memiliki kejelasan cita-cita, maka semangat Anda untuk meraih cita-cita itu semakin besar. Mulailah bermimpi, apa cita-cita Anda membangun bisnis atau bekerja, tulis dengan jelas beserta imbalan financial yang akan Anda dapatkan.

2.       Kejelasan Strategi
Setelah impian Anda tetapkan, tahap kedua adalah bagaimana strategi untuk mencapai impian itu. Strategi bisa dibagi menjadi 3 bagian. Strategi jangka panjang ( dalam 3 tahun lebih ), strategi menengah ( 6- 12 bulan ) dan strategi jangka pendek ( hitungan bulan ). Buat tangga dari terbawah hingga tangga puncak, dan pecah kedalam 3 bagian.

3.       Kejelasan Cara Kerja
Langkah ketiga lebih kearah bagaimana praktek dilapangan. Setelah strategi sudah begitu jelas maka tinggal dilaksanakan saja. Cara kerja harus detail karena menyangkut step by step process. Jadi, apakah Anda sebagai pemilik bisnis maupun karyawan, sudah harus memiliki pola kerja yang bagik dan benar. Baik dari sisi managemen waktu, managemen biaya hingga managemen prioritas.

4.       Kejelasan Pengukuran Hasil
Ini adalah soal seberapa efektif yang sudah kita kerjakan. Mengukur tingkat produktivitas amat sangat penting, jadi kita bisa melihat berapa banyak yang sudah kita hasilkan dan berapa banyak yang bisa kita tingkatkan di masa akan datang. Jika tidak ada pengukuran maka kita tak akan pernah tahu hari ini berapa persen tingkat produktivitas kita dari kemarin. Buatlah skala pengukuran berdasarkan skor. Misalnya dari skor 10 hingga 100. Anda pasti lebih paham untuk pengukuran ini.

5.       Kejelasan Reward and Punisment
Nah ini langkah penutup. Anda harus bisa member penghargaan pada diri sendiri, apakah Anda seorang pemilik bisnis atau karyawan. Penghargaan disini adalah sesuatu yang amat sangat Anda inginkan tapi bisa Anda tahan pelaksanaannya. Nah, ketika capai prestasi, Anda boleh lakukan sebagai hadiah atas prestasi Anda. Misalnya makan di restoran enak bersama keluarga, bermalam di luar kota bersama keluarga dll. Sebaliknya, berikan hukuman jika Anda gagal mewujudkan target yang Anda tetapkan. Hukum diri Anda sendiri dan buat agar Anda jera tak mau lagi gagal untuk selanjutnya.