Minggu, 13 Desember 2015

5 MIND SET SUKSES JADI PEMILIK BISNIS SUKSES, CARA SEDERHANA DAN PALING MASUK AKAL

Sukses tak melulu soal keterampilan mengatur waktu, karyawan atau market. Sukses yang paling inti adalah soal pola pikir. Sebagai pemilik usaha, Anda wajib mengatur kembali pola pikir Anda sebagai pemilik bisnis. Atau Anda yang baru akan membuka bisnis sendiri.

Mengapa pola pikir sangat penting ? Penting karena pola pikir adalah cetakan kesuksesan yang Anda harapkan. Bayangkan, jika kita ingin membuat agar-agar berbentuk binatang, rumah atau apapun, Anda hanya perlu cetakan sesuai gambar yang Anda inginkan. Sekali cetakan sudah jadi, maka membuat agar-agar pola apapun akan lebih mudah.

Pun kesuksesan yang Anda ingin bangun. Mungkin selama ini Anda belum memiliki cetakan kesuksesan impian Anda, hingga hasilnya belum maksimal. Mungkin juga karena Anda belum tahu caranya. Mungkin saja. Berikut ini beberapa tips praktis. Semoga bisa membantu.

SEGALANYA TERCIPTA DARI IDE
Ide adalah segala sesuatu yang membuat apapun itu tercipta di muka bumi ini. Apakah Anda pernah berpikir, adakah sesuatu produk yang secara tiba-tiba dengan sendirinya ada di dunia ini ? Atau manusia secara sengaja membuat sesuatu itu tanpa tujuan yang didasari ole hide ? Tentu saja tidak ada. Nah inilah bibit dasar kesuksesan kita. Tinjau kembali ide dasar bisnis Anda sekarang juga. Apakah sudah tepat sasaran dan apa yang harus segera diperbaiki ?

BUAT GAMBARAN BESAR, AKAN SEPERTI APA JADINYA
Bisnis itu seperti merakit mobil. Anda harus précis tahu kemana akhir dari apa yang Anda bangun. Jika mobil adalah gambaran terakhir, maka di bisnis ini, apa gambaran akhirnya ? Jangan-jangan Anda hanya mencari uang selama membangun bisnis ? Semoga tidak. Membangun gambaran akhir dibisnis adalah mutlak perlu, agar langkah Anda tidak jalan ditempat selamanya. Buat parameter yang jelas, bagaimana akhir proses pembangunan bisnis Anda.

SIAPA YANG MEMBUTUHKAN IDE ANDA ?
Jika Anda sudah tahu dengan pasti siapa yang memerlukan bisnis Anda, maka langkah selanjutnya seharusnya lebih sederhana. Tapi, diperlukan riset yang akurat untuk mencari target market Anda ini. Kebanyakan pemilik bisnis tak tahu manfaat dari riset pasar hingga selalu kembali dari awal lagi. Mereka tak tahu pasti, siapa yang memerlukan ide Anda ini. Tak heran selalu bingung saat ditengah jalan. Karyawan Anda juga bingung dengan keputusan Anda hingga semua sama-sama bingung. Ayo perjelas kembali siapa target market Anda.

MILIKI ORANG YANG AHLI DIBIDANGNYA
Sebagai pemilik usaha, Anda harus pandai merekrut orang untuk membantu Anda. Memang pada awalnya Anda harus menjadi superman dulu pada awla waktu. Lama kelamaan bisnis Anda bertumbuh dan memerlukan orang lain. Ini menjadi pekerjaan rumah yang selalu Anda lakukan, yaitu memsistimasi bisnis Anda agar lebih efisien dan berdaya ungkit tinggi. Jadi, Anda harus membayar sejumlah uang untuk membuat orang yang ahli bekerja untuk Anda. Miliki kemampuan bernegosiasi agar Anda selalu mendapat harga yang murah untuk orang yang berketerampilan tinggi.


KENALI SUMBER MODAL Modal disini bukan sebatas uang, tapi lebih luas lagi. Bisa saja bantuan teman berupa kerjasama, akses orang dalam, pengetahuan, keterampilan orang yang lebih professional serta informasi. Anda sebagai pemilik usaha wajib selalu meng update diri terhadap semua akses modal. Ini sangat penting. Ketika bisnis mengalami perlambatan, Anda harus putar haluan. Miliki plan A, B, C, D dan seterusnya. Karena membangun usaha bukan seperti kerja. Selalu pasti diakhir bulan yaitu GAJI. Ini income, hasilnya selalu naik turun bahkan bisa tak ada dalam sebulan. Itulah gunanya mengenali sumber modal Anda.