Kamis, 25 September 2014

FAKTOR TERPENTING BANGUN BISNIS AGAR SUKSES

Sebenarnya apa sih problem terbesar pemilik bisnis ? Ternyata dari sejumlah opini dan fakta, hanya 1 % yang benar-benar menjawab tepat. Sisanya salah kaprah. Ada yang menjawab MODAL sebagai faktor final kesuksesan pemilik bisnis, ada juga yang menjawab koneksi. Tapi ada yang lebih lucu lagi, yaitu TAKDIR.

Ternyata jawaban 1 % itu adalah MIND SET. Kok mind set, apa alasannya ?

Begini. Kalau Anda saya kasih Rp 1 milyar dan Anda saya suruh bangun bisnis dengan tingkat pengembalian 20% per tahun, apakah Anda bisa menggaransi uang saya bisa kembali plus bunga 20% ?

Ternyata, dari sekian pengusaha yang diberi pertanyaan itu tak ada yang bisa berani menjamin uang itu bisa berlipat di tahun pertama. Ini menandakan faktor modal bukan yang TERPENTING ( modal penting tapi bukan yang terpenting ).

Jika ditanya juga, saya akan berikan relasi yang banyak, apakah juga bisa menjamin bisnis bisa sukses ? Sekali lagi jawabannya TIDAK YAKIN SUKSES. Inni lagi lagi faktor koneksi bukan yang terpenting.

Sekarang Anda tanya balik ( layaknya MOTOR BEAT HONDA yang berlari kencang) bagamana dengan mind set, apakah Anda bisa menjamin bisnis bisa sukses jika memiliki mind set yang benar ? Jawab saya spontan BISA dan BERGARANSI.

Mind set pemilik bisnis sukses ibarat KOMPAS, menunjukkan arah yang benar kemana seharusnya melangkah. Jika tak punya mobil, sang entrepreneur berusaha cari yang punya mobil dan lobi agar bisa sejalan ( satu tujuan ). Gak punya bensin, cari yang punya uang dan lobi untuk join diperjalanan, gak bisa nyetir, cari yang bisa mengendarai mobil dan seerusnya dan seterusnya.

Inilah sebabnya mind set entrepreneur sangat amat penting untuk kesuksesan sebuah masa depan bisnis. Nah, pertanyaan selanjutnya, bagaimana cara mengukur apakah mind set saya sudah sejalan dengan impian di bisnis saya, ada triknya. Kita bahas pada sesi berikutnya.