Selasa, 24 November 2015

RUMUS JITU MEMPROTEKSI KARYAWAN BINTANG AGAR TIDAK SEGERA RESIGN DARI BISNIS ANDA

Karyawan bintang adalah tangan kanan dibisnis Anda. Ditangan merekalah roda bisnis Anda berputar sangat kencang. Layaklah jika Anda perlu perjuangkan agar tidak pergi. Karyawan bintang selalu memikirkan bisnis Anda agar terus betumbuh, sementara karyawan bumi sebaliknya, hanya menunggu akhir bulan untuk minta transfer gaji.

Inilah bedanya antara karyawan bintang dan karyawan bumi (karbum), keduanya bagai bumi dan langit. Banyaklah bedoa agar karyawan bumi Anda segera resign, karena cenderung jadi benalu bagi bisnis Anda, dan pertahankan mati-matian agar karyawan bintang ( karbin ) Anda tetap setia dibisnis Anda.

Bagaimana cara mempertahankan karbin Anda ? Kami akan berikan beberapa jurus jitu agar karbin Anda tetap setia dan bahkan bisa mereplika menjadi karbin-karbin lainnya. Tapi pembahasan kita sebatas mempertahankan mereka dulu. Berikut jurus mautnya.

1. Ciptakan Visi Misi yang Jelas

Karyawan bintang (karbin) sangat menyukai tantangan dan kejelasan. Sebagai pemilik bisnis, Anda harus merancang peta masa depan agar karbin Anda terus terpompa semangatnya untuk mencapai anak tangga berikutnya dari anak tangga sebelumnya, hingga mencapai puncak kesuksesan. Katakan konsekuensi logisnya, jika perusahaan sudah mencapai level 10, mereka akan mendapat apa. Misalnya gaji naik 2 kali lipat, tambah fasilitas, diberi kredit rumah, naik jabatan dan seterusnya. Sebagai karbin yang professional, mereka pasti bisa mencapai target. Memangnya karbum …

2. Tingkatkan Terus Kualitas ROTG ( Rules of The Game )

Apa maksudnya ? Maksudnya, dibisnis Anda harus lebih tegas dan belajar menjadi leader yang dikagumi para kabin. Mereka melihat dan menilai cara memimpin. Jika Anda tidak belajar maka mereka akan mencari leader yang lebih bagus. ROTG adalah aturan main. Ciptakan secara adil dan dilaksanakan. Jika peraturan perusahaan harus ontime, maka semua harus ontime, tanpa terkecuali. Mulai dari OB (office boy) hingga BO ( business owner), WAJIB TEPAT WAKTU DATANG KE KANTOR. Terapkan hukuman dan hadiah bagi yang melaksanakan aturan perusahaan itu secara konsisten. Dan lihat hasilnya.

3. Libatkan Secara Aktif

Para Karbin Anda harus Anda libatkan, bukan hanya dilevel pelaksanaan tapi juga dilevel pemikiran (planning). Anda harus terbuka dan mau menerima masukan. Karbin pasti akan banyak memberi ide dan juga sentuhan kreatif. Terbukalah dan beri mereka kesempatan. Umumnbya banyak perusahaan memperlakukan karbin sebatas level pelaksanaan tapi big planning tidak dilibatkan. Ini bahayya. Lebih dari sekedar bahaya. Tumbuhkan semangat mereka dengan membuka ide, dan ciptakan seolah-oleh itu ide mereka dan mereka wajib menjadikan kenyataan. Puji terus para karbin Anda, walau hasilnya belum maksimal.

4. Monitoring dan Mentoring

Setelah semua langkah sudah Anda lakukan dengan baik, saatnya dilangkah keempat yaitu melakukan monitoring dan mentoring. Evaluasi semua hasil yang sudah para karbin Anda lakukan, apakah sudah sesuai dengan track yang sudah ditetapkan diawal ? Jika melenceng, atur lagi hingga seusai rencana. Ini adalah aktivitas monitoring sekaligus mentoring. Anda hanya melihat hasil raport dari karbin Anda dan tanyakan mengapa nilainya tidak sesuai dengan komitmen awal mereka. Gali terus kendala mereka dan berjuanglah bersama dikesempatan berikutnya. Melakukan monitoring dan mentoring bisa mencegah kesalahan focus selama dilapangan selama jangka waktu yang sudah ditetapkan.

5. Reward and Punishment

Ini adalah langkah terakhir untuk membuat para karbin Anda tetap produktif dan efektif. Ada dua sisi mata pisau, yang satu membuat karbin Anda makin giat berkarya, dan yang satu menusuk karbum Anda yang memang tak memiliki gairah kerja. “Aduh, saya ngga tega mengeluarkan mereka ?” Apa jawabannya yang tepat, “ Lebih tidak tega mana jika bisnis Anda hancur dan mengecewakan anak dan keluarga Anda dirumah?” Lakukan ritual ini di bisnis Anda, dan tepati janji, baik janji menghukum maupun janji member hadiah. Tentu saja, hukuman memiliki level, tingkat dasar, tingkat sedang dan tingkat final alias PHK.

BACA PULA JURUS AMPUH MEROKETKAN MIND SET ENTREPRENNEUR ANDA

EBOOK ILMU PRAKTIS MELIPATGANDAKAN PERCAYA DIRI ( GRATIS )

LIMA ALASAN MENGAPA KARYAWAN BURU-BURU AKAN RESIGN

EBOOK GRATIS " BALANCE IS THE KEY TO LIFE

EBOOK GRATIS " 5 RUMUS PASTI SUKSES PALING FUNDAMENTAL 2015 "

RAHASIA MENDAPATKAN KARYAWAN BINTANG YANG MEROKETKAN BISNIS ANDA - EBOOK GRATIS

DAYA UNGKIT PENGALAMAN SUKSES