Jumat, 20 Februari 2015

Keajaiban Membuat TO DO LIST

TO DO LIST, adalah sebuah teknik sederhana yang sangat powerful untuk menyelesaikan hampir apapun masalah yang ada dimuka bumi ini. TO DO LIST merupakan daftar atas segala yang perlu kita lakukan, secara teratur dan kronologis hingga menjamin apapun itu bisa terselesaikan dengan tuntas.

Bayangkan, jika kita ditugasi dengan sejumlah pekerjaan yang memerlukan tingkat ketelitian yang tinggi, tanpa membuat TO DO LIST, maka ada saja pekerjaan penting yang tertinggal dan bisa membuat pekerjaan lain jadi gagal dilakukan.

Setiap hari, kita memerlukan pekerjaan yang menuntut untuk selesai secara kronologis. Contoh kejadian yang paling sederhana adalah kita mengurus berkas surat penting. Berikut runutan yang seharusnya kita lakukan :

1. Persiapkan semua berkas surat, dari yang paling sederhana sampai yang rumit
2. Pergi ke jasa fotocopy
3. Beli amplop coklat di kantor pos ( jaraknya cukup jauh )
4. Kirim berkas ke perusahaan ( tempat melamar pekerjaan )
5. Beli matere untuk surat perjanjian kontrak kerja untuk esok hari
6. Beli dasi merah sebagai persyaratan interview esok

Karena Anda kurang mempersiapkan secara matang dan tidak membuat TO DO LIST, ada beberapa hal yang anda lupakan di proses persiapan melamar pekerjaan, yaitu di nomor 2, yaitu lupa ke fotocopy hingga Anda yang sudah jauh jauh di kantore pos harus kembali lagi ke jasa foto copy, hanya karena lupa menjalankan prosesnya dengan benar. Ini adalah contoh kecil yang mungkin pernah juga kita alami sendiri. Kita sangat stress dan kesal akibat lupa hal hal yang penting dan menghambat proses pekerjaan berikutnya. Mungkin kita perlu belajar dari dokter ahli bedah. Mereka sangat terampil membuat to do list, sebelum, selama dan sesudah melakukan proses operasi.

Dokter bedah sangat paham, to do list itu kewajiban hidup seumur hidup, selama berprofesi menjadi seorang ahli bedah. Tak heran banyak proses operasi yang sukses. Kan fatal jika sang dokter menghiraukan to do list saat menjalankan prose operasi. Jangan-jangan setelah operasi, gunting tertinggal di perut pasien. Kan gawat itu namanya.

Kesimpulannya, biasakan selalu membuat TO DO LIST setiap malam sebelum tidur dan kerjakan secara tuntas dihari esoknya sampai semua selesai. Kumpulkan to do list Anda itu dalam satu dokumen dan revisi setiap sebulan sekali, berapa persen yang berhasil anda kerjakan dan berapa persen yang gagal. Salam TO DO LIST.