“ If you not networking, you not working” kata bijak bagi
seluruh umat marketer diseluruh dunia. Mengapa nerworking harga mati bagi para marketer?
Karena sesuai dengan identitas profesinya, marketer adalah pemilik market, dan
market adalah ladang untuk menanam, atau kolam ikan untuk memancing.
Aktivitas marketing itu soal bagaiman berhubungan dengan
market, baik market tertutup (komunitas sendiri) maupun market terbuka ( pasar
luas).
Seorang marketing tidak akan sukses jika malas untuk
berhubungan dengan market ( connecting people), dan untuk itu harus kita sadari
bawah aktivitas marketing sesuatu yang penting untuk menunjang proses transaksi
suatu bisnis.
Setiap kita adalah marketing, dan setiap kita juga sales. Jadi,
dua identitas ini harus menjadi satu kesatuan untuk menunjang sukses disetiap bidang.
Bisa dibilang, marketing dan sales adalah dua sisi mata uang yang saling
terkait dan menyatu.
Apapun profesi anda, terutama yang sudah punya bisnis, harus
menjalankan dua aktivitas penting ini setiap hari. Jika bisnis anda suda mapan,
anda bisa membayar orang lain (karyawan) untuk melakukan kedua aktivitas
penting ini, yaitu aktivitas sales dan marketing.
Klub pebisnis menjadi kata kunci untuk membuka peluang baru.
Dengan adanya banyak sekali klub pebisnis, misalnya komunitas online dan
offline, asosiasi dan banyak lagi, kita seperti masuk ke sebuah kolam besar
yang berisi ikan. Tinggal bagaimana cara kita memancing di kolam tersebut yang
menentukan seberapa berhasil kita dalam aktivitas sales dan marketing ini.