Senin, 25 Januari 2016

5 Fungsi & Jenis Teman Yang Tak Pernah Kita Sadari Manfaatnya



TEMAN LEBIH BERHARGA DARI UANG, MELEBIHI APAPUN JIKA ITU TEMAN SEJATI

Pepatah cina bilang tinta yang paling pucat jauh lebih abadi dari pada ingatan yang paling tajam, pun teman, simak kebenaran sebuah persahabatan

Cari teman. Dunia ini sepi tanpa teman. Apa artinya banyak uang, punya segalanya tapi tidak punya teman. Hidup dikucilkan, jauh dari siapapun. 

 

Tentu hidup jadi hampa. Kehadiran teman, menambah warna bagi hidup kita. Ketika kita sedih, ada teman yang bersedia menghibur hati, ketika kita bingung, teman siap memberi jalan keluar, ketika kita dalam masalah, teman selalu disamping kita, membantu meringankan masalah, bahkan menyelesaikan masalah kita.

 

Namun, mencari teman tidak semudah membalikkan telapak tangan. Teman itu seperti burung wallet. Jika kita terkesan mengejar-ngejar mereka, mereka akan lari. Namun jika kita menjadi yang terbaik, semua orang menawarkan diri menjadi teman kita. Teman memiliki beberapa fungsi, setidaknya ada lima fungsi teman yang seringf kita lupa. Apa saja kelima fungsi teman tersebut ? 

 


1. Teman Hidup

Manusia adalah mahluk yang diciptakan berpasangan. Sudah seharusnya kita mencari seorang dari lawan jenis kita, untuk membangun hubungan pribadi. Menikah adalah kata yag tepat untuk mengikat komitmen hidup bersama. Jadi, fungsi teman pertama adalah sebagai teman hidup seumur hidup kita, selamanya, sampai kita tutup mata, tinggalkan bumi ini.

 

2. Teman Keluarga 

Teman keluarga adalah teman yang diikat dari hubungan darah. Entah itu satu keluarga atau pun keluarga dari keluarga yang terkait dengan hubungan darah. Teman keluarga memiliki arti penting dalam membangun hubungan kekeluargaan. Lebih erat ikatannya dari teman yang bulan satu darah, kecuali terikat tapi pernikahan dan saudara dari pasangan kita. 

 

3. Teman Sosial 

Teman social adalah teman yang berfungsi untuk memenuhi kebutuhan social kita. Kita perlu teman disekitar rumah. Misalnya teman untuk kerja bakti bersama, teman untuk kumpul-kumpul kegiatan RT/RW, teman kegiatan lingkungan, arisan dan banyak lagi. Fungsi teman social adalah untuk memenuhi kebutuhan social kita di masyarakat. Tanpa teman social, maka hidup kita kurang seimbang.

 

4. Teman Kerja / Teman Berbisnis 

 Ini adalah teman untuk mencari rizki. Jika Anda seorang karyawan, Anda pasti punya teman kerja. Setiap hari selama 8 jam Anda meluangkan waktu bersama mereka. Setiap hari kerja, Anda makan siang bersama, kerja bersama, bercanda bersama sampai berantem bersama. Demi pertemanan dan persahatan dilingkungan pekerjaan. Untuk yang berbisnis, Anda punya mitra bisnis, seperti suplyer, agensi, distributor, pelanggan, prospekan hingga komisaris Anda. Semua menjadi satu ikatan teman bisnis yang saling memerlukan. 

 

5. Teman Spiritual

Teman ini juga tak kalah panting, bahkan bagi yang berjiwa spiritual teman inilah yang paling penting diantara 4 teman diatas, ,melebihi pasangan kita masing-masing. Teman spiritual adalah teman yang satu keyakinan, beribadah bersama, menuntut ilmu bersama hingga berjuang di jalan Allah bersama. Banyak pasangan suami istri berpisah karena tidak satu keyakinan, dan mereka justru mencari teman spiritual mereka masing-masing. Teman spiritual tidak memandang status social, jabatan, jenis kelamin atau kewargaan Negara. Ini murni teman untuk bekal mati menuju kampong abadi. 

 

Nah, kita baru sadar kan sekarang. Ternyata ada 5 fungsi teman yang harus kita bedakan untuk kita optimalkan kualitas hubungannya. Jangan hanya sekedar cari teman, tapi pikirkan juga apa manfaatnya dan kemana ujung dari tujuan pertemanan itu. Selamat mencari teman !




Tidak ada komentar:

Posting Komentar